harga dan ukuran plafon metal

Mengenal Plafon Metal: Harga, Jenis, 10 Kelebihan & Kekurangan

Plafon Metal – Salah satu jenis material bangunan yang sering dipergunakan dan wajib ada kehadirannya antara lain yaitu material plafon, karena selain memiliki fungsi sebagai pelindung namun juga mampu memberikan tambahan nilai estetika pada sebuah hunian atau bangunan.

Disamping itu pula, penggunaan penutup atap rumah ini dapat menjadikan ruangan terasa sejuk maupun hangat dan menjadi material kedap suara yang cukup baik.

Di pasaran atau di toko-toko bangunan sendiri saat ini sudah banyak menyediakan aneka ragam jenis plafon rumah dengan menawarkan harga terjangkau dan memiliki ketahanan yang bagus.

Salah satu contohnya seperti plafon metal, pernah dengar jenis penutup atap bangunan yang satu ini? Dibandingkan dengan plafon gypsum, GRC maupun PVC, metal plafon ini dinilai lebih tahan lama dan mampu bertahan dari suhu panas atau api.

Penasaran seperti apa? simak ulasannya dibawah ini;

Apa itu plafon metal

Plafon metal merupakan jenis penutup atap ruangan yang terbuat dari elemen pelat logam yang telah di modifikasi sedemikian rupa, sehingga plafon ini terbuat dari bahan besi galvanis, alumunium atau baja.

plafon berbahan alumunium

Bahan material yang dipergunakan dalam pembuatan plafon ini cukup berbeda dari jenis plafon kebanyakan. Sehingga bila dilihat dari segi kualitas, dinilai jauh lebih bagus baik dari segi keawetan maupun ketahanannya.

Manfaat dan kegunaan plafon metal sendiri dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya, selain itu dapat membantu penghematan biaya utilitas dengan membuat airflow udara baik pemanasan maupun pendinginan lebih efisien.

Biasanya plafon berbahan metal ini selain diaplikasikan pada hunian atau rumah tempat tinggal, namun tidak jarang pula diterapkan pada jenis bangunan lain seperti perkantoran, gedung pencakar langit, industri dan lain sebagainya.

Mengingat kualitasnya yang bagus, harga plafon metal ini tergolong sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga penutup atap lainnya. Sehingga kalian perlu menyiapkan budget lebih jika ingin menggunakannya.

Artikel terkait : Mengenal plafon gypsum

Jenis-jenis metal plafon

Namun agar tidak salah beli dan bisa menyesuaikan kebutuhan, perlu kalian ketahui bahwasanya plafon metal ini terdapat beberapa jenis yang tersedia di pasaran. Berikut ciri-ciri dan karakteristiknya ;

1. Linear baffle metal ceiling

harga plafon metal ceiling

Jenis metal plafon ini mempunyai beberapa fitur yang cukup unik dan menarik, contohnya seperti dibawah ini :

  • Sistem plafon terbuka yang tidak sepenuhnya menutupi area langit-langit
  • Plafon gantung yang terdiri dari beberapa bilah penyekat paralel dengan didukung oleh sistem suspensi tipe batang -T.
  • Jenis plafon metal ini tersedia dalam ukuran panjang standar dan khusus untuk ketinggian dan gaya atau desain yang berbeda.
  • Model plafon ini mampu membantu meningkatkan kejelasan suara dalam ruang tertutup seperti kelas dan lain sebagainya.

Baca juga : Perbandingan plafon PVC dan plafon kayu

2. Concealed metal ceiling

jenis plafon akustik bergaya menarik
  • Jenis metal plafon ini menyediakan ruang kosong minimum, downward sederhana, mudah perawatan dan memiliki ketahanan terhadap api yang bagus.
  • Dapat diintegrasikan dengan lubang ventilasi, detektor asap dan pencahayaan.
  • Berbeda dari jenis linear baffle metal ceiling, model plafon metal ini dapat menutupi ruang atap secara keseluruhan tanpa adanya kisi-kisi yang terlihat.
  • Sistem plafon ini banyak dipergunakan pada gedung perkantoran dan hunian.

3. Open cell ceiling metal

model metal plafon kotak-kotak
  • Jenis plafon metal ini terdiri dari serangkaian modul sel terbuka.
  • Biasanya digunakan untuk menyembunyikan kabel, sistem AC dan lain sebagainya.
  • Dan dirancang untuk diterapkan diatas kisi-kisi suspensi.
  • Dipergunakan untuk memberikan ruang terhadap langit-langit bawah tanpa mempengaruhi ketinggian atap.
  • Model plafon ini dapat meningkatkan kinerja akustik di ruang industri.
  • Cocok untuk bangunan dengan kedalaman pleno kecil.

Artikel terkait : 8 Jenis plafon rumah minimalis paling banyak dicari!

Kelebihan dan kekurangan plafon metal

jenis plafon metal furing

Setiap jenis plafon bangunan pastinya memiliki sisi keunggulan dan kelemahannya tersendiri, begitu juga halnya pada metal ceiling ini.

Keuntungan

  • Tersedia dalam berbagai bentuk dan desain, seperti tembaga, kuningan, baja, krom hingga alumunium.
  • Dapat di cat finishing untuk menyesuaikan dengan konsep ruangan.
  • Mampu memperkuat struktur atap.
  • Tahan terhadap kelembaban.
  • Tidak mudah rusak, retak atau melenting.
  • Tahan rayap dan tahan terhadap suhu panas atau api.
  • Mudah dalam hal perawatan.
  • Keuntungan menambah nilai (value) rumah atau bangunan.

Baca juga : Plus minus plafon GRC

Kekurangan

cara pemasangan plafon metal

Setelah membahas beberapa poin kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh plafon metal, terdapat juga poin penting mengenai kekurangan atau kelemahan dari metal plafon.

Wajib untuk kalian ketahui sebelum membeli atau menggunakannya agar tidak menyesal di kemudian hari. Apa sajakah kekurangan plafon metal? Berikut ini :

Harganya tergolong mahal

Jika dibandingkan dengan harga plafon GRC, gypsum atau pvc, maka harga plafon metal ini cenderung cukup mahal yaitu sekitar Rp. 250 – 500 ribuan per meter. Tergantung merk dan jenisnya.

Meskipun dibandrol cukup tinggi, namun sebanding dengan kualitas yang mampu bertahan hingga puluhan tahun ditambah dengan tampilan visual yang elegan. Serta umumnya cocok diaplikasikan di berbagai bangunan, salah satunya hunian atau rumah.

Baca juga : Harga plafon kayu lambersering

Cukup sulit pada saat proses pemasangan

Dikarenakan bobotnya yang lumayan berat dan keras sehingga relatif sulit di pasang, setidaknya membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidangnya.

Terlebih lagi metal plafon ini cukup susah dibentuk khusus untuk keperluan tertentu dan akan memakan waktu yang lama. Ketelitian dan perhitungan juga harus diperhatikan agar hasil akhirnya memuaskan dan terpasang dengan rapi.

Membutuhkan perawatan minimal

Setelah plafon metal terpasang, agar kualitasnya terjaga dengan baik dan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Dibutuhkan perawatan yang intens.

Artikel terkait : Harga lis plafon PVC


Demikian ulasan kita kali ini mengenai plafon metal, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga usai.