Mengenal sifat dan karakter kayu Merbau

#Hargaparket.com – Mengenal sifat dan karakter kayu Merbau,seperti apa kayu Merbau? apa keistimewaan kayu Merbau sehingga banyak yang menilai bahwa kayu Merbau sangat baik dari sisi keawetan  dan kekerasan kayunya.

Salah satu jenis kayu yang umum dijadikan lantai kayu adalah kayu Merbau,sangat populer dan banyak ditemukan di daerah tropis. Kayu Merbau tergolong berkualitas bagus dan memiliki serat yang unik,menjadi daya tarik dan punya ke khas-an tersendiri.

Pohon Merbau dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter,panjang cabang rata-rata 20 meter. Memiliki warna teras yang berbeda dengan warna gubal,dengan demikian kita dapat membedakan mana lantai kayu yang terbuat dari teras dan mana yang terbuat dari gubal,tidak bisa dibohongi.

Warna teras kayu Merbau bervariasi seperti abu-abu kecoklatan,kuning kecoklatan,coklat merah dan cokelat merah terang. Warna gubal kayu Merbau kuning pucat atau kuning muda. Tekstur kayu Merbau kasar,jika diraba terasa licin dan halus,serat kayu lurus namun ada juga serat nya yang tidak beraturan karena jenis kayu Merbau sangat banyak macamnya.

Keistimewaan kayu Merbau adalah tahan dari serangan hama atau hewan pemakan kayu seperti rayap,karena didalamnya terkandung anti rayap alami.

Kayu Merbau selain karakternya kuat juga tidak mudah retak dan tingkat penyusutan minim,sangat cocok jika dijadikan lantai kayu,kusen,daun pintu maupun jendela.

Kayu Merbau untuk outdoor/decking

Melihat kekuatan dan daya tahannya,kayu Merbau sangat mungkin untuk dijadikan decking kayu outdoor. Sudah banyak perusahaan pengolah kayu menjadikan kayu Merbau sebagai flooring,decking outdoor,konstruksi bangunan,mebel dll. Bahkan kayu Merbau bisa juga digunakan di area kolam renang.

Foto : Decking kayu kolam renang di rumah Pasha Ungu.

Kayu untuk decking kolam renang harus memiliki persyaratan khusus yaitu keras,kuat,tahan terhadap perubahan cuaca,tidak mudah memuai maupun menyusut,tidak mudah lapuk dan tahan terhadap panas dan air. Area outdoor hampir setiap saat mengalami perubahan suhu dari panas ke dingin begitu juga sebaliknya,untuk mengatasinya,decking kolam renang dibuat panjang dan tebal dilengkapi alur anti slip.

Yang harus diperhatikan dalam mengggunakan decking kayu Merbau adalah pada saat pemasangan,terutama dibagian bawah decking harus diberi bantalan,jangan biarkan decking kayu bersentuhan langsung dengan lantai,beri juga rongga untuk saluran air,agar air tidak terjebak dibawah decking yang nantinya dapat mencegah pelapukan. Gunakan bahan finishing khusus outdoor yang dapat membantu menahan air tidak langsung meresap kedalam kayu.

Bahan finishing untuk decking kayu Merbau kolam renang.

Kriterianya harus benar-benar tahan terhadap perubahan cuaca,tahan air,anti gores,tahan panas,anti jamur atau lumut.

Jika Anda memesan decking kayu outdoor dari jenis Merbau bisa dipastikan kriteria diatas sudah kami jalankan termasuk dalam hal pemilihan bahan finishing yang sesuai dengan standar kualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.