Cara mengatasi serangan jamur pada lantai kayu

#Hargaparket.com – Musim hujan telah tiba hati-hati jamur menyerang lantai kayu Anda. Yuk kenali penyebabnya dan cara mengatasinya.

Musuh utama kayu adalah kelembaban,dari kelembaban itu makan akan tumbuh jamur dan sebangsanya,kelembaban didapat dari musim hujan seperti sekarang ini. Hati-hati serangan jamur,sudahkan lantai kayu Anda di semprot bahan anti jamur berkualitas ?

serangan jamur pada lantai kayu

Gambar : Lantai kayu berjamur

Ada dua jenis cat anti jamur yang biasa digunakan untuk lantai kayu yaitu jenis solvent base dan water base. Solvent base dalam proses aplikasinya membutuhkan sinar matahari,jelas sekali dimusim penghujan solvent base kurang cocok diterapkan karena jika kurang pencahayaan matahari hasilnya kurang sempurna. Jenis cat waterbase lah yang paling cocok karena dalam pengaplikasiannya tidak membutuhkan cahaya matahari.

Mengenal jenis jamur yang biasa menyerang kayu

Jenis jamur penyerang lantai kayu dan cara mengatasinya

  1. Jamur substrat
    Jenis jamur ini menyerang substrat kayu,akibat serangannya,warna kayu menjadi kebiru-biruan atau kehitam-hitaman. Jamur ini tumbuh di dalam serat kayu. Kita bisa mengetahui kalau kayu terserang jamur ini dengan melihat serat kayu berwarna biru atau hitam dari luar menembus sampai ke dalam serat. Pada kelembaban yang tinggi,jamur ini berkoloni dengan jenis bakteri pembusuk kayu,jika sudah terjadi demikian maka kayu akan cepat membusuk dan harganya terjun bebas. Yang termasuk kedalam jamur substrat adalah jamu blue stain.black stain yang bisa menyerang berbagai jenis kayu. Jamur ini biasa menyerang jenis kayu yang bergetah dengan kadar selulosa tinggi seperti pinus,karet,kelapa,bambu,rotan dll. Dapat juga menyerang kayu Jati di perkebunan rakyat.
  2. Jamur (mold) yaitu jamur permukaan
    Target serangan mereka pada permukaan kayu. Ciri permukaan kayu yang terkena serangan jamur ini ketika di lap basah,permukaan kayu tadi bisa bersih namun setelah beberapa saat akan balik lagi seperti semula. Serangan jamur ini tidak pandang bulu,produk yang sudah di finishing sekalipun tak luput dari incaran mereka. Jenis jamur mold berbentuk serbuk atau noda berwarna putih. Dalam kondisi musim hujan seperti sekarang ini semua produk yang berbahan dasar kayu akan sangat rentan terserang jamur dan bakteri pembusuk. Oleh karena itu patut kita waspada dan mengetahui cara mengatasi serangan jamur kayu di musim hujan.

Prose pengawetan dan proses pengeringan pada kayu menjadi bagian proses yang sangat perlu dan penting,begitu kayu ditebang maka sudah langsung ke proses pengawetan segera dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.