Tips memilih dan memasang atap sirap

Tips memilih dan memasang atap sirap – Atap sirap adalah salah satu jenis penutup atap yang terbuat dari kayu Ulin. Atap sirap sudah dikenal sejak dulu,dan sekarang semakin dikenal sampai ke mancanegara.

Di Indonesia atap sirap biasa digunakan pada rumah,hotel,vila,gazebo dan bangunan cagar budaya seperti di keraton Surakarta dan di insitusi pendidikan seperti di ITB (Institute Teknologi Bandung).

Sebelum memutuskan untuk membeli atap sirap kayu Ulin,ada baiknya membaca beberapa tips berikut ini :

  1. Pilih sirap dengan ukuran ketebalan diatas 1 cm,ukuran standar sirap adalah 0,5 cm dan panjang 60 cm. Tentu saja ukuran ketebalan akan berpengaruh pada harga,semakin tebal sirap maka semakin mahal harganya.
  2. Pilih ukuran sirap yang lebih panjang,semakin panjang ukuran sirap maka resiko kebocoran dapat di minimalisir,karena apabila bocor dilapisan pertama air akan terhalang oleh lapisan kedua dan seterusnya.
  3. Pemasangan atap sirap dengan paku tembak. Resiko yang ditimbulkan jika pemasangan atap sirap dengan paku manual akan membuat lubang paku semakin besar jika paku tersebut bengkok di tengah.
  4. Gunakan aluminium foil sebagai layer dilapisan bawah sebagai antisipasi kebocoran fatal jika sirap sudah tidak bisa menahan deras air hujan.
  5. Jauhkan rumah yang beratap sirap dari pohon tinggi yang berbuah berat seperti kelapa atau Mangga. Buah yang jatuh dapat mengakibatkan atap sirap pecah/jebol apalagi untuk atap sirap yang sudah lama. Meskipun atap sirap terbuat dari kayu Ulin yang kuat,namun apa salahnya untuk menghindarinya.
  6. Pilihlah kontraktor atap sirap yang memiliki team pemasangan yang cukup mumpuni dibidangnya. Pada dasarnya tidak semua penjual atap sirap memiliki team pemasangan. Keahlian memasang atap sirap sangat penting sekali karena ini adalah kunci pokok kebocoran. Jadi,untuk pemasangan atap sirap selain memperhatikan estetika juga harus mengetahui susunannya agar tidak bocor.
  7. Atap sirap lebih mudah pasang baru dari pada rehab. Jika dikemudian hari terdapat kerusakan sebaiknya penggantian sirap mempertimbangkan keadaan cuaca,kekuatan rangka atap dan kualitas bahan sirap yang digunakan.
  8. Harga menentukan kualitas,jangan tergiur dengan harga atap sirap murah dan biaya pasang murah. Harga sirap yang rendah dibawah pasaran dapat dipastikan terbuat dari jenis kayu murahan juga,maka dari itu kita harus tahu ciri-ciri kayu Ulin Kalimantan. Begitu juga dengan tukang pasang sirap,biasanya jika bayarannya murah pekerjaannya pun asal-asalan,ini jangan dianggap remeh karena atap rumah adalah komponen pokok sebuah bangunan sebagai payung dari hujan dan panas.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s