FAKTA: EFEK LANTAI KAYU BAGI KESEHATAN DAPAT TURUNKAN STRESS

Fakta: Efek lantai kayu bagi kesehatan dapat turunkan stress Siapa yang menyangka kalau lantai kayu mempunyai efek bagi kesehatan,hal ini dikemukakan oleh Yuko Tsenutsugu dari Forestry and Forest Produk Research Institute Jepang.

Sejak dulu nenek moyang kita dan Negara lainnya diseluruh dunia sudah memanfaatkan kayu untuk digunakan sebagai perkakas yang setiap hari mereka gunakan. Kayu dimanfaatkan untuk membangun tempat tinggal,produk rumah tangga (kursi,meja,lemari dll) dan kebutuhan lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan banyak inovasi yang dilakukan oleh tukang bangunan menjadikan kayu tergantikan oleh tembok,batu bata,lantai keramik,plastik dll.

Namum setelah dilakukan penelitian oleh Yuko Tsunetsugu bahwa material kayu yang biasa nenek moyang gunakan jaman dahulu,jauh lebih baik ketimbang material tembok,batu bata,keramik,plastik yang sekarang digunakan.terutama dilihat dari sisi kesehatan.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa lantai kayu dapat menurunkan tekanan darah. Ketika seseorang memasuki ruangan yang 90 % kayu,maka tekanan darahnya akan turun. Efek baik lantai kayu bagi kesehatan ini dikaji ulang oleh lima peneliti dari Departement of Wood Science and Design, National Pingtung University of Science and technology dan Departement of Psychology,National Kaohsiung Medical University.

Penelitian dilakukan dengan cara membangun tiga ruangan yang sama beserta perabotnya,yang membedakan adalah lantainya,satu ruangan menggunakan lantai keramik,satu ruangan menggunakan kayu maple dan satu ruangan menggunakan kayu Inciensio. Langkah selanjutnya peneliti minta subyek masuk kedalam ruangan tersebut dan diukur aktivitas otaknya menggunakan alat yang bernama EEG.

Hasilnya,ruangan yang menggunakan lantai kayu memberikan kehangatan,rileks,nyaman,dan lebih banyak digemari. Dari alat EEG didapatkan bahwa ada peningkatan aktivitas gelombang alpha pada otak. Adanya peningkatan gelombang alpha berarti penurunan tingkat stress pada manusia.

Lain cara dengan yang dilakukan Peneliti Saito yang mengukur tingkat stress dengan menggunakan pengukuran analisis air liur. Subyek masuk kedalam ruangan yang didalamnya sudah terpasang kayu Cedar Jepang. Dari penelitian tersebut didapat adanya perubahan komposisi kimia pada air liur yang menunjukan penurunan tingkat stress.

Dengan ditemukannya efek baik lantai kayu bagi kesehatan,memunculkan ide untuk menggunakan material lantai kayu parket pada rumah sakit yang diiharapkan pasien lebih cepat sembuh.

Meskipun lantai kayu banyak manfaatnya,namun jika tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan ancaman serius bagi kesehatan karena disitulah tempat bersarang rayap,jamur dan serangga.

Penasaran dengan harga lantai kayu ? temukan disini

ARTIKEL TERKAIT :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s