Tahapan memasang lantai kayu parket

Hargaparket.com – Memasang lantai kayu parket butuh keahlian khusus,namun Anda bisa mencobanya sendiri,disini akan diberikan cara memasang lantai kayu parket tahap demi tahap.

Dalam memasang lantai kayu,setiap tukang pasang punya cara masing-masing,jadi yang akan dijelaskan disini bukan acuan dalam memasang parket,ini hanya teknik dasar pemasangan yang pada umumnya sering dilakukan.

Baca juga : Cara alami mengkilapkan lantai kayu

Lantai kayu parket terbuat dari banyak jenis kayu dan dari setiap kayu tersebut mempunyai karakter yang berbeda,ada jenis kayu yang mudah untuk dipasang ada juga jenis kayu yang sangat keras dan sulit untuk dipasang. Seperti jenis kayu Jati,meskipun termasuk jenis kayu keras namun mudah dipasang,lain hal nya dengan jenis kayu ulin yang sangat keras sekali,bahkan tidak bisa dipaku dan harus menggunakan bor terlebih dahulu.

Pada saat membeli,kita tentukan dulu jenis kayu apa yang akan dipilih,sebaiknya untuk pemasangan sendiri pilih jenis kayu Jati. Kayu Jati menjadi primadona kebanyakan orang,selain karakter kayunya yang mudah dibentuk juga warna dan corak kayu Jati terlihat lebih mewah dibanding dengan jenis kayu lainnya.

Tahapan memasang lantai kayu parket

Cara ini berlaku juga untuk jenis flooring,mini flooring dan decking kayu outdoor

Pertama

Lakukan pemasanga dimulai dari lantai yang dekat dengan dinding,beri jarak antara dinding dengan parket ¼ inci untuk memberi sedikit ruang agar kayu parket tidak pasang dan menjaga dari kelembaban. Lubangi parket dengan bor dengan jarak ¼ inci dari sisi kayu yang dekat dengan dinding atau ½ inci dari dinding,lakukan pengeboran dengan interval 6 inci sepanjang kayu.

Kedua

Lantai kayu parket di paku pada lantai dengan teknik blind-nailing,yaitu cara memaku yang dilakukan pada sisi parket dengan sudut kemiringan 45 derajat,sehingga paku tidak terlihat dipermukaan. Lakukan pemakuan hingga satu baris parket selesai dipasang.

Ketiga

Pada baris kedua,pemasangan tinggal mengikuti kuncian yang sudah ada pada sisi parket,seperti layaknya memasang fuzzle,dibagian sudut jika kelebihan material,bisa dilakukan pemotongan sesuai kebutuhan.

Keempat

Untuk baris ketiga dan keempat atau posisi baris ditengah-tengah ruangan,bisa mengggunakan mesin paku modern bernama Blind niall floor. Tapi alat ini hanya bisa digunakan sampai menyisakan empat baris di akhir.

Cara pasang parket

Mesin Blind Nailling Floor

Kelima

Pada baris akhir,paku kembali menggunakan tangan,ukur jarak lantai kayu dengan dinding sebelum proses pemakuan,jika lebih bisa dipotong,jika kurang bisa ditambah dengan potongan kayu bekas dan di lem terlebih dahulu sebelum dipasang. Sampai disini pemasangan lantai kayu parket sudah selesai

Keenam

Melakukan coating (untuk parket yang belum di coating dari pabriknya).

Cara diatas adalah tahapan memasang lantai kayu parket dengan teknik paku memakai alat modern. Sebenarnya ada banyak cara memasang lantai kayu parket diantaranya dengan cara di lem dan disusun seperti fuzzle. Ada cara paling gampang dalam memasang lantai kayu parket yaitu dengan menyerahkannya pada ahli pemasangan lantai kayu yang biasanya se-paket dengan produk.

Untuk kebutuhan survey dan konsultasi hubungi Firman 08122041996 GRATIS..!!

Info harga lantai kayu cek disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s