Cara merawat decking kayu outdoor

Hargaparket.com – Decking kayu adalah salah satu jenis penutup lantai yang keberadaannya diluar ruangan/outdoor. Biasanya digunakan pada bibir kolam renang,gazebo dan bagian taman,seperti yang sudah dilakukan pemasangan decking kayu Bengkirai  di kediaman vokalis band Pasha UNGU.

Sebelum Pemasangan

Setelah dipasang decking Bengkirai

Tidak semua jenis kayu dapat dijadikan decking outdoor. Hanya kayu tertentu yang memenuhi kriteria untuk dijadikan decking. Kriteria kayu outdoor yaitu harus kayu keras,tahan lama,tidak mudah lapuk. Meskipun kayu decking outdoor terbuat dari kayu keras,tapi bukan berarti tidak memerlukan perawatan.

Cara mudah merawat decking kayu outdoor

Merawat decking kayu tidaklah sulit karena decking kayu terbuat dari kayu keras dan sudah diberi coating khusus,namun demikian ada beberapa langkah perawatan yang harus diperhatikan.

  • Rutin membersihkan decking kayu dengan sapu atau lap kering
  • Jangan biarkan kotoran atau air masuk ke sela-sela atau ke sambungan kayu,jika dibiarkan akan membuat kayu menjadi lapuk dan kusam
  • Selalu menjaga kayu agar tetap kering,untuk decking kolam renang bisa dipilih jenis kayu ulin yang bisa menambah kuat jika terkena air.
  • Hindari goresan dari kaki-kaki furniture,sebaiknya kaki furniture diberi lapisan atau alas dari karet untuk menghindari goresan ketika digeser.
  • Beri cairan khusus pemoles kayu secara berkala,cairan khusus tersebut bisa ditanyakan langsung di showroom tempat Anda memesan decking kayu. Cairan khusus tersebut mampu menangkal radiasi sinar UV,mengandung antiseptic alami terbebas dari mikroorganisme yang membahayakan.

Jenis kayu untuk decking : Jati hutan (bukan Jati perkebunan),Bengkirai,Merbau,Damar laut,Ulin dan Kruing,dari beberapa jenis kayu tersebut yang paling cocok untuk dijadikan decking adalah kayu Ulin asal Kalimantan,sifat kayu yang keras,kuat dan mampu menahan beban berat.

Cara pemasangan decking kayu hampir sama dengan cara memasang lantai kayu indoor. Permukaannya harus rata,di cor beton dengan ketinggian disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk lebih mempercantik penampilan,biasanya permukaan decking kayu diberi lagi lapisan semacam corak kayu untuk lebih mempertegas lagi dari corak kayu alaminya. Tapi warnanya tidak bisa bebas memilih yang tersedia hanya warna kayu alami tapi tidak apa-apa karena warna alami itu yang dicari. Untuk lebih mengetahui harga decking kayu silahkan datang ke showroom terdekat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s