Kenali sifat dan karakter kayu Merbau sebelum membeli

Hargaparket.com Kayu Merbau sudah dikenal sejak lama memiliki tingkat keawetan dan kekerasan cukup baik. Kayu Merbau merupakan salah satu jenis kayu yang  popular dan banyak ditemukan di daerah tropis. Kayu Merbau memiliki serat kayu yang indah sangat cocok sekali untuk dijadikan lantai kayu parket yang lebih mengutamakan keindahan alami dari kayu itu sendiri.

kayu merbau

Aplikasi kayu Merbau dijadikan papan tangga

Maka dari itu,kayu Merbau banyak diminati dan menjadi komoditi utama. Untuk lebih mengenal karakteristik kayu Merbau,kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Pemasangan decking kayu Outdoor di rumah Pasha UNGU

Kayu Merbau tentu saja dihasilkan dari pohon Merbau dengan ukuran bervariasi,tergantung usia nya. Pohon Merbau dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter. Batang kayu merbau tumbuh tinggi dan batas bebas cabang sekitar 20 meter. Banyak pengrajin meubel dan furniture yang memanfaatkan kayu Merbau sebagai bahan baku utama.

Warna kayu Merbau terdiri dari dua bagian yaitu warna teras dan warna gubal. Pada bagian teras kayu biasanya memiliki warna abu-abu kecoklatan,kuning kecokelatan,cokelat merah dan cokelat merah terang. Untuk warna gubal kayu Merbau biasanya berwarna kuning pucat atau kuning muda.

Tekstur kayu Merbau kasar jika diraba terasa licin dan halus,serat kayu lurus akan tetapi ada juga serat kayu dengan serat tak beraturan,tergantung jenis kayunya.

Karakter & sifat kayu Merbau

Kayu Merbau keras,tingkat ketahanan tinggi termasuk kelas 1,awet dan tahan lama. Tidak mudah diserang hama karena memiliki suatu zat alami pencegah binatang pengerat hinggap. Tentu saja sangat menguntungkan bagi pengrajin kayu atau perusahaan lantai kayu,tidak perlu lagi menambah biaya untuk menyemprot anti hama.

Selain itu,kayu Merbau juga memiliki tingkat keretakan cukup rendah dan tingkat penyusutan cukup kecil,cocok juga dipakai untuk kusen atau jendela. Namun kayu Merbau sangat sulit untuk diproses.

Kayu Merbau untuk decking outdoor,apakah bisa?

Jika melihat kekuatan dan daya tahan kayu,dapat diambil kesimpulan bahwa jenis kayu eksotis ini banyak dimanfaatkan untuk decking kayu outdoor,parquet indoor,bahan konstruksi bangunan,mebel dll.

Kayu Merbau banyak dicari dan digunakan untuk saat ini karena imbas dari kelangkaan kayu Jati,kayu Merbau sudah setara kayu Jati dilihat dari tingkat kebutuhan dan permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s