Jenis kayu decking untuk outdoor

Hargaparket.com  – Jenis kayu untuk decking outdoor/eksterior berbeda dengan jenis kayu untuk interior. Kriteria kayu untuk outdoor harus kuat,tahan terhadap perubahan cuaca ekstream,tidak mudah memuai atau menyusut. Aplikasi lantai kayu outdoor : balkon,bantalan kolam renang,halaman rumah dan area outdoor lainnya.

Aplikasi kayu outdoor

Lantai kayu outdoor

Penutup lantai dari kayu semakin banyak diminati bukan hanya area indoor,bahkan untuk outdoor pun sudah mulai diberi sentuhan decking kayu. Lantai kayu outdoor bisa menambah nilai estetika pada halaman rumah dan memberikan kesan pertama bagi tamu yang berkunjung,sedangkan lantai kayu kolam renang berfungsi sebagai safety.  Material kayu outdoor biasanya berbentuk flooring bukan parquet (Baca : Perbedaan flooring dan parquet). Untuk menghindari proses alami yaitu memuai atau menyusut saat perubahan suhu.

Decking kayu outdoor sangat cocok dipadukan dengan material alam lainnya seperti batu alam,tanaman bonsai,marmer atau furniture berbahan kayu yang di finishing warna natural.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kayu dapat dijadikan decking outdoor. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jenis kayu untuk decking outdoor harus awet,tahan cuaca panas dan hujan,anti rayap,tahan terhadap serangan jamur dan serangga.

JENIS KAYU UNTUK DECKING OUTDOOR

  1. Kayu Ulin
    Kayu Ulin atau kayu Bulian atau kayu Besi adalah jenis kayu keras kelas 1 dan termasuk 10 besar kayu keras kelas dunia. Seperti julukannya kayu besi kayu Ulin tidak bisa dipaku secara langsung,harus di bor terlebih dahulu. Sifat kayu Ulin jika terkena air maka struktur atau serat kayunya akan semakin padat.
  2. Kayu Bengkirai
    Penghasil kayu Bengkirai adalah Kalimantan. Kayu ini tidak sekeras kayu Ulin,masih bisa di potong pakai gergaji biasa,diserut,diukir dll. Kayu Bengkirai digolongkan kedalam jenis kayu pertukangan. Tingkat keawetan kelas 1,2 dan 3 dan memiliki tekstur kasar tergantung usianya.
  3. Kayu Merbau
    Seperti hal nya kayu Ulin dan kayu Bengkirai,kayu Merbau memiliki kemampuan tahan cuaca dan serangan hama jamur dan binatang pengerat lainnya. Kayu Merbau lebih cocok diaplikasikan untuk teras rumah yang tidak terkena air hujan langsung. Tidak cocok untuk bantalan atau bibir kolam renang karena kayu Merbau dapat mengeluarkan getah merah jika terkena air.
  4. Kayu Jati
    Kayu Jati bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Kekuatan kayu Jati sudah tidak diragukan lagi. Yang menarik dari kayu Jati adalah corak abstrak dan keindahan substrat nya.
  5. Kayu Kruing
    Kayu Kruing ber tekstur sama dengan kayu Merbau. Tingkat kekerasan kelas 2 dan tingkat keawetan kelas 3.

Setelah mengetahui jenis kayu untuk decking,maka kita dapat memilih jenis kayu apa yang akan kita gunakan untuk lantai kayu outdoor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s