Membedakan kualitas Kayu Jati

Kayu merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat banyak manfaatnya. orang-orang banyak memanfaatkan kayu ini untuk berbagai keperluan, yaitu untuk furniture, berbagai kontruksi, kerajinan, Lantai kayu parket, decking, plapon hingga yang dijadikan kayu bakar.

lantai kayu jati

salah satu kayu yang paling banyak di manfaatkan adalah kayu jati. kayu jati memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki kayu lain. kayu jati memiliki corak alami paling indah serta tidak ada kayu lain yang bisa menyamainya. memiliki kekuatan kelas I,II dan memiliki tingkat keawetan kelas I membuat kayu ini sangat digemari oleh pengrajin kayu untuk dijadikan berbagai kerjinan kayu.

hanya saja, harus anda ketahui, ada suatu hal yang unik dari kayu jati yang tidak dimiliki oleh kayu jenis lain yaitu terdapat perbedaan kualitas kayu meskipun pada satu batang pohon kayu jati.

perbedaan ini cukup membahayakan para konsumen kayu jati karena dikhawatirkan mereka tertipu dengan harga yang ditawarkan untuk kayu jati

oleh karena itu, pengetahuan prihal perbedaan kualitas pada kayu jati dirasa sangat penting supaya anda dapat terhindar dari penipuan atau sejenisnya.

Kayu jati kelas

dalam satu batang pohon jati, dibedakan menjadi 3 kelas atau disebut Grade. yaitu grade A, grade B dan C.

kayu jati Grade A

kayu jati grade A adalah kayu jati yang berasal pada bagian Inti batang pohon jati pada usia 40 tahun. kayu jati grade A merupakan jenis kayu jati yang paling bagus. memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas I, seratnya lurus serta sangat padat.

pada bagian ini juga kayu jati menghasilkan minyak pelumas yang mampu melindungi kayu jati dari iklim ektrim, pertumbuhan jamur dan serangan serangga seperti rayap.

kayu jati grade A memiliki harga paling mahal dibanding kelas kayu jati lain

Kayu jati grade B

kayu jati grade B terdapat pada bagian tengah batang pohon jati. bagian ini memiliki srat yang sedikit kurang rapih dan kurang padat. serta minyak pelumasnya tidak sebanyak pada bagian dalam batang pohon jati.

kayu jati ini masih memiliki kualitas yang sangat baik hanya tidak sebaik kayu jati grade A. kayu ini masih mampu bertahan pada perubahan cuaca dan serangan rayap.

Kayu jati Grade C

kayu jati grade C terdapat pada bagian terluar batang pohon jati. pada bagian batang ini, serta pohon tidak rapih kurang padat dan tidak memiliki minyak pelumas sehingga tidak mampu bertahan pada perubahan cuaca dan serangan serangga.

kayu pada posisi ini adalah jenis kayu jati paling jelek, namun sejelek-jeleknya kayu jati masih sangat bagus dibanding kayu lain.

untuk membedakan ketiga jenis kayu jati ini, anda bisa melihat pada warna kayu jati tersebut. kayu jati yang memiliki kelas baik grade A memiliki warna yang pucat dan grade memiliki warna yang lebih terang.

perbedaan klas kayu jati

kami sendiri sebagai produsen lantai kayu membedakan lantai kayu jati pada dua jenis yaitu lantai kayu jati KW 1 dan jenis lantai kayu jati KW2

lantai kayu jati KW 1

lantai kayu jati KW 1 adalah lantai kayu jati yang diambil dari kayu jati grade A dan grade B kayu jati. memiliki tingkat kekerasan yang baik sehingga harganya lebih mahal dibanding dengan lantai kayu jati ka 2

Lantai kayu jati kw 2

untuk jenis lantai kayu ini diambil dari 85% kayu jati grade B dan sedikit kayu jati grade B. warnanya lebih cerah serta memiliki harga yang lebih terjangkau

harga lantai kayu jati kw 1

Ukuran 1,2 x 5 x 20 cm                      harga : Rp. 185.000

harga lantai kayu jati kw 2

ukuran 1,2 x 5 x 20 cm                      harga : Rp. 150.000

agar lebih jelas baca : Update harga lantai kayu

semoga dengan adanya uraian diatas dapat membuka wawasan anda terhadap kayu jati ini

Simpan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s